STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA KELOMPOK USAHA KECIL KERUPUK DI KENJERAN KOTA SURABAYA
Authors
Nugroho Riyadi , Siti MujanahDOI:
10.29303/amtpb.v3i1.56Published:
2021-01-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran dan pendampingan manajemen usaha serta pemberian teknologi tepat guna bagi kelompok usaha kecil yang bergerak di bidang kerupuk di Kenjeran, Kota Surabaya. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok UMKM kerupuk di kenjeran ini adalah penjualan yang macet total karena tidak tengkulak yang datang membeli kerupuk karena adanya pandemi COVID 19 yang melanda, sehingga tidak ada kegiatan penjualan di tempat wisata pantai Kenjeran, selain itu juga rendahnya kemampuan dalam mengelola usaha, tanpa ada perencanaa, pengorganisasi, pembukuan dan evaluasi. Melihat situasi tersebut maka perlu adanya transfer of knowledge dan pendampingan guna menjalankan fungsi manajemen, sehingga kegiatan PKM ini dilakukan dengan memberikan teknologi untuk berjualan online berupa alat Hand phone, Inpulse Sealer, Label produk, dan plastik kemasan, kemudian diberikan pelatihan tentang packaging, dan menjual online melalui Tokopedia dan Sophe. sehingga saat ini sudah ada pembelian melalui Tokopedia Shoppee.References
Abdul Majid (2013).Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung
As’ari, Ahmad Hisyam, 2013, Peran UKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, http://ariejayuz.blogspot.com
Candraningrat, Adrianto, Yosef Richo dan Wibowo, Januar(2018), Science And Technology For Communities: Marketing Strategic Development and Packaging Design for Kelompok Tani Elok Mekarsari Surabaya. International Conference on Information Technology Applications and Systems (ICITAS). 42-46.
Candraningrat, C., Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). Pembuatan Digital Marketing dan Marketing Channel untuk UKM PJ Collection. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 82-91.
Crismawa, A. B. (2020). Pengaruh Covid 19 terhadap UMKM di Indonesia. Gnial. http://genial.id/read-news/pengaruh-covid19-terhadap-umkm-di-indonesia
Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Fatoni, M. (2020). Sebaran Covid-19 di Indonesia hingga Selasa 30 Juni 2020 Pagi Ini, Data Rincian Kasus di 34 Provinsi. In Tribune News. Tribunnews.com.
Kartika,Yuliar, Mujanah, Siti. 2020. Peningkatan Kualitas Produk UKM Kerajinan Kulit Kerang di Kenjeran Kota Surabaya, SHARE (Journal of Service Learning), 6(01), 38-44.
Mujanah dkk. (2016). IbM Kelompok Usaha Kecil Krupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, Vol. 02, No. 01, hal 103 - 116
Niko Ramadhani, 2020. Pengertian Manajemen Bisnis dan Contoh Penerapannya yang Baik. https://www.akseleran.co.id/blog/manajemen-bisnis/
Reynaldi , Susanto, 2016. 13 Mei 2016 Peran UKM dalam Perekonomian Indonesia, reynaldisusanto.blogspot.com
Steve Troy, Jade Mountain Inc. What is Appropriate Technology? www.gdrc.org/techtran/appro-tech.html. di download pada tanggal 12 Agustus 2016, jam 06.02
Yulia, 2014, Mengelola Keuangan Bagi Wirausaha Pemula, Jurnal Khatulistiwa, Vol. 4 No. 1 Maret
Kartika,Yuliar, Mujanah, Siti. 2020. Peningkatan Kualitas Produk UKM Kerajinan Kulit Kerang di Kenjeran Kota Surabaya, SHARE (Journal of Service Learning), 6(01), 38-44.
........2006. Oxford English Dictionary. 2006. Little Oxford English Dictionary. California: Oxford University Press
…… 2014, Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Contohnya, by teknologitepatguna On October 5, 2014 102239 views www.teknologitepatguna
…….2016, Biro Pusat Statistik (BPS) ,Sensus Ekonomi 2006).
…….2020, Manfaat Pemasaran Online Bagi Keberhasilan Bisnis, Redaksi UKM, 11 Maret 2020. https://bisnisukm.com/manfaat-pemasaran-online-bagi-keberhasilan-bisnis.html
........ 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), SME's business profile, Bank Indonesia
....... 2018, Pengertian Teknologi tepat Guna. Di dowload pada tanggal 19 November 2020 jam 15.54 wib. https://bulelengkab.go.id/bankdata/pengertian-teknologi-tepat-guna-13
........2019. Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemasaran Online. Jurnal Entrepreneur https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-manfaat-pemasaran-online/
Author Biographies
Nugroho Riyadi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Siti Mujanah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).